Infeksi HPV Bisa Picu Kanker Kulit

Human papillomavirus(HPV)

Selama ini Human papillomavirus(HPV) dikenal sebagai penyebab terjadinya kanker serviks. Akan tetapi, sebuah penelitian terbaru dalam Jurnal PLoS Pathogens yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO) bekerjasama dengan para peneliti asal jerman menemukan, infeksi HPV ternyata dapat memicu kanker kulit nonmelanoma.

Menurut para peneliti, sebelumnya pernah ada dugaan bahwa virus yang dikenal sebagai HPV ini erat kaitannya sebagai penyebab kanker kulit. Tetapi belum diketahui secara pasti apakah virus itu memiliki peran langsung atau tidak.

Sebagaimana telah diketahui, HPV sudah terbukti memiliki peran dalam perkembangan kanker serviks, kanker anal dan kanker rahim.

Hasil penelitian pada tikus di laboratorium menemukan bahwa hewan pengerat yang terinfeksi dengan strain virus yang disebut HPV38 berisiko terhadap pengembangan karsinoma sel skuamosa (jenis kanker kulit), ketika tikus itu terkena sinar UV dibandingkan tikus yang tidak terinfeksi tetapi juga terkena UV cahaya

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pasien yang sistem kekebalan tubuhnya tidak berfungsi optimal lebih mungkin terkena kanker kulit. Sebagai contoh, pada pasien yang menerima transplantasi organ, sistem kekebalan mereka akan ditekan dengan obat untuk menghindari penolakan organ baru. Disini, mereka memiliki lima puluh sampai seratus kali lipat risiko lebih tinggi terkena kanker.

Para peneliti mengatakan, angka kejadian kanker kulit meningkat seiring dengan semakin banyaknya populasi orang tua dan peningkatan paparan sinar matahari.

Non melanoma adalah kanker kulit yang berkembang pada bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari, seperti wajah, leher dan tangan. Kanker ini jarang menyebar ke bagian tubuh lainnya, menurut American Cancer Society.

Menurut National Cancer Institute, setidaknya ada lebih dari 1 juta kasus baru kanker kulit nonmelanoma di Amerika Serikat pada 2010, namun kurang dari 1.000 kematian akibat penyakit ini.

021 40967490

Cara Mendapatkan Transfer Factor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s